Beranda > Teknologi > BACK-UP DATA KAMU SEKARANG !!!

BACK-UP DATA KAMU SEKARANG !!!

 

 

Semua pengguna komputer dengan jam terbang tinggi pasti tahu bahwa back-up adalah bagian dari iman. Terlalu banyak risiko yang harus ditanggung mereka yang hidup berkomputer hanya dengan satu salinan data. Ada banyak penyebab hilangnya suatu data, bisa terkena virus, hadware jebol, atau komputernya dicuri orang, dan masih banyak lagi penyebab raibnya data dari komputer kita. Nha kalo kehilangan data ini di alami oleh para mahasiswa yang dikomputernya ada tugas skripsinya, kan bisa mati berdiri jadinya, apalagi kalo ngejar target untuk wisuda …hiks hiks hiks.

Back-up data ? caranya bagaimana ?

Adakah cara yang mudah dan murah untuk membuat cadangan data yang dianggap remeh, surat cinta atau juga foto kenangan bersama selingkuhan? skripsi ? tugas-tugas kuliah ?.

Salah satu cara yang cepat dan tepat untuk melakukan back-up adalah e-mail gratisan seperti GMail (http://www.gmail.com) atau Yahoo!Mail (http://mail.yahoo.com). Keduanya menyediakan kapasitas kotak surat yang besar. Atau untuk penyimpanan data online kamu bisa nyoba Streamload (http://mediamax.streamload.com ), yang menyediakan fasilitas penyimpanan data gratis dengan kapasitas 25 GB.

Untuk memback-up data, tahap pertama persiapkan dahulu data-data yang ingin kamu back-up, kumpulkan dalam satu folder di My Documents, dan dikompresi dengan menggunakan program winzip. Cara mengkompresinya yaitu dengan klik kanan pada foldernya, misal nama foldernya SKRIPSI, dan pilih menu Send To >> Compressed (Zipped), selanjutnya folder yang sudah kamu kompres akan ada di My Documents dengan nama yang sama yaitu SKRIPSI tapi dengan bentuk yang berbeda (bukan folder lagi). Untuk membuka file (mengextract) yang telah kamu kompres dengan winzip, kamu tinggal klik kanan dan pilih menu Extract All. Setelah itu akan muncul folder dengan nama yang sama seperti file yang dikompres.

Untuk memback-up dengan menggunakan e-mail, pertama kamu harus punya account e-mail dulu (..ya iya lah..hari gini gak punya email, pulang kampung ajah), di Yahoo!Mail, atau GMail. Kemudian kamu buka tuh e-mail kamu, misal alamat e-mail kamu ini_email_gw_mo_apa_lu@yahoo.com , kemudian kamu masuk ke menu compose (tulis e-mail), yang berfungsi untuk mengirimkan e-mail. Kemudian kamu sisipkan data-data yang ingin kamu back-up melalui Attachment (klik tombol Attach File) kemudian kamu kirimkan e-mail tersebut kealamat yang sama, karena saya menggunakan alamat e-mail ini_email_gw_mo_apa_lu@yahoo.com , maka pada kolom to (kepada) pada menu compose saya isi dengan ini_email_gw_mo_apa_lu@yahoo.com juga. Dengan begitu ketika tombol Send kamu pijit maka e-mail tersebut akan terkirim ke e-mail kamu dan akan ada di Inbox kamu sendiri, nha untuk mengambil data-data yang telah disimpan di e-mail, kamu tinggal buka aja e-mailnya dan kemudian kamu Download (klik link Save To My Computer) gampangkan ?.

Kemudian untuk memback-up data dengan menggunakan jasa penyimpanan online, setelah kamu persiapkan data-data yang mo dibackup, kamu langsung kunjungin tuh http://mediamax.streamload.com , terus daftar dulu dengan memijit tombol Sign Up Now. Setelah terdaftar kamu langsung login dengan nama login kamu (oh iya setelah daftar jangan lupa untuk buka e-mail yang kamu gunakan ketika daftar, untuk verifikasi), dan kamu akan memasuki menu File Manager. Untuk memasukkan data-datanya, kamu tinggal klik tombol Upload, dan untuk mengambil data-data yang pernah kamu simpan kamu tinggal klik tombol Download. Udah kok gitu doang, met mencoba, gutlak yow.

Kategori:Teknologi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: