Beranda > Bisnis > Transaksi Dunia Maya Akan Dikenakan PPh

Transaksi Dunia Maya Akan Dikenakan PPh

Panitia Kerja untuk Rancangan Perubahan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan atau PPh dan pemerintah menyepakati ide baru dalam pengenaan PPh, yakni dibebankan pada seluruh transaksi di dunia maya. Langkah ini dilakukan karena nilai transaksi di dunia maya dipercaya sangat besar, sehingga pemerintah perlu memperluas basis pajaknya hingga di area ini.

“Kami sudah sepakat dengan ide itu, karena area maya ini memang harus dikenakan pajak,” ujar Ketua Panitia Kerja Rancangan Perubahan Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2000 tentang PPh Max Moein di Jakarta, Kamis (4/10), sesudah memimpin rapat kerja dengan Dirjen Pajak Darmin Nasution terkait perubahan UU PPh tersebut.

Menurut Max, pengenaan pajak pada transaksi di dunia maya itu masih memerlukan penyesuaian dengan RUU Informasi dan Transaksi Elektronis yang sedang dibahas di Komisi VI DPR. “Dengan demikian pembahasannya masih perlu diperdalam, baik subjek maupun objek pajaknya, agar lebih jelas,” katanya.

Anggota Panitia Kerja Rancangan Perubahan Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2000 tentang PPh  dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Dradjad H Wibowo mengatakan, Indonesia bisa membuat terobosan baru di dunia jika mampu menghasilkan aturan pajak bagi transaksi maya ini. Hal tersebut disebabkan belum ada satu negara pun yang mampu menetapkan subjek dan objek pajak atas transaksi di dunia maya tersebut hingga saat ini.

“Cakupannya sangat luas, dan sebagian besar belum dikenakan pajak,” ujar Dradjad. (Oin)

Sumber : www.kompas.co.id 

Kategori:Bisnis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: