Beranda > Humaniora, Pendidikan > Mengajarkan Anak Meminta Maaf

Mengajarkan Anak Meminta Maaf

Mengatakan “Maaf” dan mengakui bahwa kita melakukan kesalahan adalah langkah pertama dalam memperbaiki diri. Tapi bagaimana memberikan pemahaman yang sama kepada si kecil agar ia mampu bilang “Maaf” ketika berbuat salah kepada orang lain?
Mengajari anak meminta maaf sebaiknya diajarkan sedini mungkin agar anak bisa mengerti dalam situasi bagaimana ia perlu meminta maaf. Jika orangtua melihat anak melakukan kesalahan, misalnya memukul temannya, menumpahkan air dalam gelas, ajari anak untuk bilang maaf. Orangtua sebaiknya juga tidak ragu mengekspresikan rasa maafnya jika berbuat salah, sekalipun pada anak. “Maaf ya nak, mama lupa membawa buku kesukaan kamu,” misalnya.

Walaupun Anda menginginkan si kecil tumbuh menjadi orang yang penuh rasa tanggung jawab dan berani mengungkapkan maaf jika berbuat salah, sebaiknya Anda tidak memaksanya untuk berkata maaf sekalipun ia telah mengganggu orang lain. Bagaimana pun maaf adalah sesuatu hal yang diucapkan dengan niat yang tulus.

Oleh karena itu ajari si kecil bahwa di balik permintaan maaf atau pun memberikan maaf, sebaiknya dibarengi dengan tindakan. Maaf merupakan sarana untuk memperbaiki hubungan dan memberikan permulaan baru. Memang tidak mudah menjelaskan hal ini dalam bentuk ucapan kepada si kecil, dalam hal ini lagi-lagi Anda perlu memberi contoh.
Sumber : www.Kompas.co.id

Kategori:Humaniora, Pendidikan
  1. iryanti
    Februari 11, 2009 pukul 6:53 am

    Sebagai guru TK, saya selalu mengajarkan anak untuk meminta maaf kepada temannya jika mereka berbuat salah. Dan di lain kesempatan saya pun tak sungkan untuk meminta maaf kepada mereka jika saya berbuat suatu kesalahan. Pada sebagian besar anak, memang terjadi perubahan yg positif, mereka dengan sendirinya tanpa disuruh pun mau untuk meminta maaf. Namun ada seorang anak yang tetap tidak mau meminta maaf jk dia berbuat salah pada temannya. Saya pikir hal itu mungkin terkait dengan pendidikan sehari2 dirumahnya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: