Beranda > Islam, Personal > Bersyukurlah

Bersyukurlah

Bersyukurlah.. dan percayalah, kemudahan-kemudahan itu akan terus datang. Yup setidaknya itu adalah motto saya, dan terus menguat setelah membaca dan nonton dvd The Secret , ternyata Al-Quran terbukti secara ilmiah. Fenomena bersyukur ini membuat saya tersenyum, dalam The Secret, yang para naras umbernya sebagaian besar adalah seorang filsafat, menjelaskan bahwa apabila kita sering bersyukur maka kemudahan-kemudahan akan terus datang, atau dalam bahasa mereka, alam semesta akan memberikan kemudahan, dan apabila kita sering mengeluh, maka alam semesta akan memberikan kesusahan kepada kita.

Hal yang membuat saya tersenyum adalah bahwa 1300 tahun yang lalu, teori tersebut telah tertulis dalam kitab suci Al-Quran, begini isinya

“Dan ketika Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (Q.s. Ibrahim: 7)

Kita bisa melihat dari ayat ini, betapa jika kita senantiasa bersyukur dalam segala kondisi apapun, maka Alloh Swt akan memberikan tambahan nikmatnya. Dan disini juga di tegaskan, bahwa apa bila kita mengingkari nikmatnya maka Alloh Swt akan memberikan ajab-Nya yang amat pedih. Dan mengeluh (yang berlebihan tentunya) adalah salah satu sikap yang mengingkari nikmat-Nya, karena setiap kesulitan, kesusahan yang sedang kita alami, pasti ada nikmat yang telah Alloh Swt berikan kepada kita, mungkin salah satunya adalah mata yang membuat anda membaca tulisan saya ini. Wallahu’alam Bishawab

  1. Ahmad Dimyati
    Desember 9, 2007 pukul 11:41 pm

    Ass ww.
    Akhi Salman, saya merespon setelah saya juga akses ke webblog ini, tidak hanya baca surelek di milis unpad_faperta. Saya kagum dengan kreativitasnya membuat webblog yang bukan saja disusun dan dihias dengan asri tetapi juga mengandung berbagai informasi dan gagasan yang menarik. Saya juga sedang dalam proses membuat blog seperti itu. Tentang the Secret, mungkin sebaiknya disikapi sebagai sebuah dokumentasi dari aliran yang percaya kepada adanya kekuatan Mahadahsyat, yang oleh kita disebut Allah dan oleh mereka disebut Nature, tanpa harus memiliki atau menganut suatu agama yang terorganisir seperti Islam, Kristen, Yahudi, Hindu dll. Sebagian dari mereka menyebut kepercayaannya sebagai deism, dan penganutnya disebut deist. Buku lain yang bertema sama adalah Law of Attractions serta juga berbagai buku yang berkaitan dengan deism. Tentu dengan mudah kita mengekstrapolasikan bahwa mereka masih bersaudara dengan aliran kepercayaan terutama yang berintikan ajaran pantheisme di dalam kultur kita, yang sudah dimodernisasikan dan diadaptasikan ke dalam Islam lewat berbagai organisasi seperti Satria Nusantara. Saya berprasangka netral (tidak suuzhan ataupun husnuzhan) bahwa buku dan teknik Quantum Ikhlas dan sebangsanya juga berhulu pada keyakinan serupa. Jadi untuk keperluan beragama mah, kita rujuk saja hanya Al Quran, dan sunnah Rasul seperti tersurat di sirahnya serta yang terimplementasikan dalam tradisi para sahabat dan tabi’in. The Secret tidak lebih dari suatu hasil upaya pencarian Tuhan yang belum selesai.
    Wassalam,
    Al Fakir Ahmad Dimyati

  2. Desember 10, 2007 pukul 7:34 am

    Ada pernyataan dari seseorang bahwa, “Jika engkau menghadapi dunia dengan jiwa lapang, engkau akan memperoleh banyak kegembiraan yang semakin lama semakin bertambah, semakin luas, duka yang semakin mengecil dan menyempit. Engkau harus tahu bahwa bila duniamu terasa sempit, sebenarnya jiwamulah yang sempit, bukan dunianya”. Dan memang, kebahagiaan itu ada dalam syukur dan sabar, kerelaan diri dan merasa cukup.

    Salam kenal🙂

  3. hugy78
    Desember 10, 2007 pukul 3:03 pm

    bersyukur akan menghidarkan rasa iri dengki dan menjaga diri kita

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: